Kontribusi Motivasi dan Karakteristik Guru Terhadap Kinerja Guru di SMP Maarif Metro Lampung

  • Ali Mashari
Keywords: motivasi, karakteristik, kinerja

Abstract

Keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar ditentukan oleh kinerja (performance) guru sebagai tenaga pendidik. Untuk itu kinerja memegang peranan penting dalam mencapai tujuan  pengajaran yang optimal.  Namun kenyataan di lapangan, kinerja guru menunjukkan gejala- gejala yang kurang menggembirakan masih banyak guru mengajar terkesan kurang menguasai bahan, media dan metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar terkesan kurang bervariasi,  guru mempunyai kecenderungan agar mengajarkan materi pelajaran yang sama pada tahun ajaran berikutnya, penempatan guru kurang sesuai dengan latar belakang pendidikannya, dan  kurangnya dorongan guru untuk lebih berprestasi dan berkompetisi di kalangan guru-guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif jenis  Ex Post Facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru yang berjumlah 38 orang dan  Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Hasil penelitian diketahui bawah tingkat pencapaian skor Motivasi guru sebesar 79,4% dari skor maksimum ideal dan berada pada kategori sedang. Motivasi guru berkontribusi secara signifikan terhadap Kinerja Guru  41,2%. Tingkat pencapaian skor Karakteristik Guru  sebesar 85,30% dari skor maksimum ideal dan berada pada kategori baik. Karakteristik Guru berkontribusi secara signifikan terhadap Kinerja Guru  sebesar 28,1%, sedangkan Motivasi dan Karakteristik Guru secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap Kinerja Guru  sebesar 32,7%. Penelitian ini menemukan bahwa kedua variabel prediktor yang diteliti yakni Motivasi dan Karakteristik Guru, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama, memberikan kontribusi yang berarti terhadap Kinerja Guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benton, William, (1974), The New Encyclopedia Entanicos. Volume VII. London: Encyclopedia Britania Inc. Press

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (1995), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka

Fremont, Kast, & Rozenweig, (1982), Organisasi dan Manajemen, Bumi Aksara Jakarta.

Gibson, Ivancevich & Donnelly, (1992), Organisasi (terjemahan: Djoerban Wahid), Jakarta

Handoko, T. Hani, (1995), Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE Yogyakarta.

Hasibuan, S.P. Malayu, (1996), Manajemen Sumber Daya Manusia, Dasar dan Kunci Keberhasilan, CV. Mas Agung Jakarta.

Steers, Richard M, (1980), Efektivitas Organisasi, (Terjemahan Tim Erlangga), Erlangga Jakarta.

Timpe, Dale, (1993), Kinerja, Media Elekompotindo. Jakarta

Wahjosumidjo, (1992), Kepemimpinan dan Motivasi, Rajawali
Published
2019-09-06
How to Cite
Mashari, A. (2019). Kontribusi Motivasi dan Karakteristik Guru Terhadap Kinerja Guru di SMP Maarif Metro Lampung. AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN, 5(2), 1-10. https://doi.org/10.2503/ajp.v5i2.10
Section
Articles