PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Bagas Prayogi STKIP Al Islam Tunas Bangsa
  • Ali Mashari STKIP Al Islam Tunas Bangsa
  • Putry Agung STKIP Al Islam Tunas Bangsa
Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Metode Jarimatika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Jarimatika terhadap hasil belajar perkalian siswa kelas III SD Negeri 3 Gunung Terang Tulang Bawang Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Kelompok eksperimen diberi perlakuan Metode Jarimatika, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode yang biasa digunakan guru yaitu ekspositori, tanya jawab dan hafalan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data statistika deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh positif metode jarimatika terhadap hasil belajar perkalian siswa kelas III SD Negeri 3 Gunung Terang Tulang bawang barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mashari, A., dkk. (2019). Peran Guru Dalam Mengelola Kelas. Ahsanta Jurnal Pendidikan Vol 5 (3).

Qomario, Q., Tohir, A., & Mashari, A. (2020). The effect of realistic mathematical approaches towards the students’ math learning outcomes. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 78–85.

Tohir, A. (2015). Pengembangan bahan ajar modul kesetimbangan kimia berbasis multipel representasi di SMA Kota Bandar Lampung. Program Pascasarjana Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Trianto. (2010). Model pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.

Wulandari, S. P. (2009). Jarimatika. Jakarta: Kawan Pustaka.
Published
2020-04-20
How to Cite
Prayogi, B., Mashari, A., & Agung, P. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN, 6(1), 20-24. Retrieved from https://journal.stkipalitb.ac.id/index.php/ajp/article/view/38
Section
Articles