PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN 3 TUGU SARI

  • Suprihadi Suprihadi SDN 3 Tugu Sari
Keywords: model pembelajaran, Matematika, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas dengan menggunakan teknik dan strategi pembelajaran yang aktif dan efisien. Penerapan model pembelajaran think pair and share dapat meningkatkan proses dan prestasi belajar siswa kelas VI SDN 3 Tugu Sari. Berdasarkan data pra siklus, siklus I dan siklus II dapat diketahui bahwa telah adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VI. Dimana pada kondisi awal saat dilakukan pra siklus persentase ketuntasan belajar yang dicapai siswa hanya mencapai 33%, dan pada siklus pertama dan ke dua mengalami kenaikan, masing-masing meningkat menjadi 62,5% pada siklus pertama. Sedangkan kenaikan menjadi 83,3% tuntas terjadi pada siklus ke dua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R I. (2012). Learning to Teach ninth edition. New York : McGraw-Hill

Arends, R.I. dan A. Kilcher. (2010). Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. Rotledge Taylor & Francis Group.New York and London

Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Gagne, Robert, The Conditioning of Learning, Japan: Holt Saunders, 1983

Lestari, L., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam matematika antara yang mendapat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan pembelajaran konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95-108.

Nurhasanah, S, Sobandi. (2018) Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran

Qomario, Q., Tohir, A., & Mashari, A. (2020). The effect of realistic mathematical approaches towards the students’ math learning outcomes. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 78–85.

Suherman, Erman, dkk. 2010. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Tohir, A. (2015). Pengembangan bahan ajar modul kesetimbangan kimia berbasis multipel representasi di SMA Kota Bandar Lampung. Program Pascasarjana Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu. Bumi Aksara.
Published
2020-04-19
How to Cite
Suprihadi, S. (2020). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN 3 TUGU SARI. AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN, 6(1), 9-14. https://doi.org/10.2503/ajp.v6i1.36
Section
Articles