PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

  • Suprihadi Suprihadi SDN 3 Tugu Sari
Keywords: model pembelajaran, prestasi belajar, Think Pair and Share

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran Think Pair and Share. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas dengan menggunakan teknik dan strategi pembelajaran yang aktif dan efisien. Penerapan model pembelajaran think pair and share dapat meningkatkan proses dan prestasi belajar siswa kelas VI SDN 3 Tugu Sari. Berdasarkan data pra siklus, siklus I dan siklus II dapat diketahui bahwa telah adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VI. Dimana pada Pra tindakan jumlah siswa yang sudah tuntas hanya 7 siswa atau sebesar 41,18 %, pada siklus I jumlah siswa yang sudah tuntas meningkat menjadi 9 siswa  atau  sebesar  52,94%  dan  pada  siklus  II  siswa  yang  sudah mencapai KKM juga meningkat menjadi 13 siswa atau sebesar 76,47%. Pada siklus II persentase ketuntasan sudah mencapai KKM yaitu   ≥ 75%, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nungdianih, K. (2017). PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilakukan Di MI Al – Mubarokah Kelas V Semester I Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi.

Arikunto, Suharsimi. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Danim, Sudarwan. (2010). Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Hamdayana, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Tohir, A. (2015). Pengembangan bahan ajar modul kesetimbangan kimia berbasis multipel representasi di SMA Kota Bandar Lampung. Program Pascasarjana Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu. Bumi Aksara.
Published
2019-12-26
How to Cite
Suprihadi, S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN, 5(3), 109-115. Retrieved from https://journal.stkipalitb.ac.id/index.php/ajp/article/view/34
Section
Articles