PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran Think Pair and Share. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas dengan menggunakan teknik dan strategi pembelajaran yang aktif dan efisien. Penerapan model pembelajaran think pair and share dapat meningkatkan proses dan prestasi belajar siswa kelas VI SDN 3 Tugu Sari. Berdasarkan data pra siklus, siklus I dan siklus II dapat diketahui bahwa telah adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VI. Dimana pada Pra tindakan jumlah siswa yang sudah tuntas hanya 7 siswa atau sebesar 41,18 %, pada siklus I jumlah siswa yang sudah tuntas meningkat menjadi 9 siswa atau sebesar 52,94% dan pada siklus II siswa yang sudah mencapai KKM juga meningkat menjadi 13 siswa atau sebesar 76,47%. Pada siklus II persentase ketuntasan sudah mencapai KKM yaitu ≥ 75%, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Danim, Sudarwan. (2010). Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Hamdayana, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran.Jakarta: Bumi Aksara.
Tohir, A. (2015). Pengembangan bahan ajar modul kesetimbangan kimia berbasis multipel representasi di SMA Kota Bandar Lampung. Program Pascasarjana Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu. Bumi Aksara.