https://journal.stkipalitb.ac.id/index.php/ajp/issue/feedAHSANTA JURNAL PENDIDIKAN2025-08-03T01:13:36+00:00Ahsanta Jurnalahsantajurnal@stkipalitb.ac.idOpen Journal SystemsAhsanta Jurnal Pendidikanhttps://journal.stkipalitb.ac.id/index.php/ajp/article/view/74PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK2025-04-06T14:09:46+00:00Indah LestariIndahlestari21@stkipalitb.ac.idSugiyanto Sugiyantosugiyanto@stkipalitb.ac.idAli Masharialimashari@stkipalitb.ac.id<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Bumisari Natar Lampung Selatan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Model pembelajaran <em>Talking Stick</em> digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Talking Stick</em> terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SD Negeri Bumisari Natar Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain <em>one group pretest-posttest</em>. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV B sebanyak 25 orang, yang diambil dengan teknik <em>simple random sampling</em>. Instrumen penelitian berupa 10 butir soal esai untuk <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran <em>Talking Stick</em>. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi (2-<em>tailed</em>) 0,000 < 0,05, sehingga H<sub>a</sub> diterima dan H<sub>o</sub> ditolak, yang artinya model pembelajaran <em>Talking Stick</em> berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SD Negeri Bumisari Natar Lampung Selatan.</p>2025-04-06T13:58:42+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.stkipalitb.ac.id/index.php/ajp/article/view/77PENGARUH LATIHAN KELENTUKAN TERHADAP HASIL TENDANGAN NARYO CHAGI PADA ATLET CADET PUTRA SAVIC TAEKWONDO CLUB LAMPUNG2025-04-11T02:45:40+00:00Mohamad Ridho Rinalfimridhorinalvi@gmail.comNureva Nurevanureva1@stkipalitb.ac.idYohana Bella Christian SariYohanabcs@gmail.com<p><em>Savic Taekwondo Club Lampung athletes, especially male cadet sector, had not master on reaching good target when they did Naryo Chagi kick. The Athletes had not proper flexibility, so that they struggled to reach higher target when do naryo chagi kick. To gain that ability, then special treatment was needed. This research goal was to know the influence of flexibility trainings to the outcome of naryo chagi kick for cadet male athlete in Savic Taekwondo Club Lampung. This research was experimental methode research, with 40 persons population and 15 athletes that fullfiled as samples using purposive sampling tehnicque, that one of the terms was they had to be cadet category (12-14 y.o). The instrument test was kicking to the sand sack with validity score was that r arithmetic > r table and the reliability score was 0,654. It was using quantity testment tehnicque for data analysis using SPSS 26 aplication. The result could be concluded that there was influence doing flexibility trainings to the outcome of naryo chagi kick for cadet male athlete in Savic Taekwondo Club Lampung.</em></p>2025-04-06T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.stkipalitb.ac.id/index.php/ajp/article/view/83PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGRI 4 KARANG ANYAR2025-04-22T04:20:54+00:00Anisa Rama Daniar3327578@gmail.comHerpratiwi Herpratiwiherpratiwi@stkipalitb.ac.idSugiyanto Sugiyantosoegi.1122@gmail.com<p>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahuai adanya pengaruh penggunaan media pemebalajaran diorama dalam pemebalajran IPAS tehadap hasil belajar siswa kelas II SD Negri 4 Karang Anyar Lampung Selatan.</p> <p> Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain one grup pretest-postest design.Teknik pengumpulan data menggunakan test dan dokumentasi.</p> <p>Hasil penelitian penegaruh media pemebalajaran diorama terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas II SD Negri 4 Karang Anyar Lampung Selatan menunjukan nilai signifikasi 0.000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas II SD Negri 4 Karang Anyar Lampung Selatan.</p> <p> </p>2025-04-22T04:14:29+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.stkipalitb.ac.id/index.php/ajp/article/view/129UPAYA GURU MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK A DI RA PERMATA BUNDA2025-08-02T06:42:45+00:00Mutiara Octaviamutiaraoctavia@stkipalitb.ac.idJimi Hariantojimiharianto@stkipalitb.ac.idArimbi Pamungkasarimbipamungka@stkipalitb.ac.id<p>Penelitian ini mengkaji upaya guru dalam menstimulasi kemampuan berbicara anak <br>usia dini. kemampuan berbicara merupakan aspek krusial dalam perkembangan <br>anak, memengaruhi kemampuan bersosialisasi dan belajar mereka. pada usia dini, <br>stimulasi yang tepat sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan <br>bahasa. tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru mensitumulasi <br>kemampuan berbicara anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif <br>kualitatif. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, <br>wawancara dan dokumentasi. objek penelitian pada penelitian ini yaitu kemampuan <br>berbicara anak usia dini pada anak kelompok A di RA Permata Bunda. Subjek <br>penelitian pada penelitian ini yaitu guru di kelas A yang berjumlah 2 orang dan <br>sumber data berjumblah 10 peserta didik yang ada di kelas A. hasil penelitian <br>menujukan guru dan orang tua memiliki peran yang sangat penting dan saling <br>melengkapi dalam menstimulasi kemampuan berbicara anak usia dini melalui <br>kegiatan bercerita dan bermain, baik di sekolah maupun di rumah. guru tidak hanya <br>bertugas mengajar, tetapi juga menjadi teladan dan pembimbing yang sabar dalam <br>membentuk kebiasaan baik anak. <br>Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kemampuan Berbicara, Stimulasi.</p>2025-08-02T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://journal.stkipalitb.ac.id/index.php/ajp/article/view/96PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 NATAR2025-08-03T01:13:36+00:00Putri Yunita Kaldiputriyunitakaldi@stkipalitb.ac.idNureva Nurevanureva@stkipalitb.ac.idAli Masharialimashari@stkipalitb.ac.id<p>Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya penggunaan media pembelajara <em>Quizizz</em> terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Natar Kecamatan Natar Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran <em>Quizizz</em> terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 2 Natar Lampung Selatan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian <em>pre-eksperimen</em> dengan desain <em>one group pretest posttest design</em>. Populasi pada penelitian ini berjumlah 16 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik <em>paired sample t test</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar IPAS kelas V SD Negeri 2 Natar Lampung Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji <em>paired sampel t test</em> dengan <em>Sig. (2 tailed)</em> sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ha diterima Ho ditolak.</p>2025-08-02T07:19:13+00:00##submission.copyrightStatement##