PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 NATAR

  • Putri Yunita Kaldi STKIP Al Islam Tunas Bangsa
  • Nureva Nureva STKIP Al Islam Tunas Bangsa
  • Ali Mashari STKIP Al Islam Tunas Bangsa
Keywords: media pembelajaran Quizizz, hasil belajar IPAS, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya penggunaan media pembelajara Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Natar Kecamatan Natar Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 2 Natar Lampung Selatan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 16 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik paired sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar IPAS kelas V SD Negeri 2 Natar Lampung Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji paired sampel t test dengan Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ha diterima Ho ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Ed.3. Jakarta: Bumi Aksara.

Atika Rahmawati, A., Agung, P., Nureva, N., & Tohir, A. (2024). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM MEMBENTUK KARAKTER WIRAUSAHA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 KAMPUNG BARU. Berajah Journal, 4(1), 159–164. https://doi.org/10.47353/bj.v4i1.294

Atika, F., Tohir, A., & Soraya, R. (2023). Pengaruh Penerapan Media Pohon Literasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V SDN 2 Way Lima Kabupaten Pesawaran. Journal Of Dehasen Educational Review, 4(02), 145-148. https://doi.org/10.33258/joder.v4i02.4330

Audine, N., Sulistianah, S., Dewantari, T., & Tohir, A. (2023). Peran Guru Dalam Menanamkan Perilaku Sopan Santun Pada Anak Usia Dini di TK Amarta Tani Bandar Lampung. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 2(4), 689-. https://doi.org/10.37676/mude.v2i4.4735

Ayu Anggraini, S., Mashari, A., Tohir, A., & Agung, P. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Banjar Negeri Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA, 1(1), 9–12. Retrieved from https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/160

Darmawan, D. F., Tohir, A., Sari, Y. B. C., & Ariesna, R. D. (2024). PHYSICAL FITNESS LEVEL OF STUDENTS IN PENCAK SILAT EXTRACURRICULAR PROGRAMME IN GEDUNG AJI SUB-DISTRICT. Waniambey: Journal of Islamic Education, 5(1), 139-153. https://doi.org/10.53837/waniambey.v5i1.1169

Fachry Rahmadani, Qomario, Ahmad Tohir, & Soraya, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan Tunas Bangsa, 1(2), 35–40. Retrieved from https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/213

Febriani, F., Tohir, A., Qomario, Q., & Mukhlis, H. (2023). Pengaruh penggunaan metode jigsaw terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas III SD negeri 1 Tanjung Agung Kecamatan Kedamaian Kota Bandarlampung. Nusantara Journal of Behavioral and Social Science, 2(2), 31–34. https://doi.org/10.47679/202325

Gunawan, F., Tohir, A., & Mashari, A. (2024). ANALYSIS OF THE PRINCIPAL’S ROLE IN IMPROVING TEACHER DISCIPLINE AND MOTIVATION AT BAITUL INSAN INTEGRATED ISLAMIC PRIMARY SCHOOL. Waniambey: Journal of Islamic Education, 5(1), 154-168. https://doi.org/10.53837/waniambey.v5i1.1168

Hanjani, A., Mashari, A., Nureva, N., & Tohir, A. (2023). Analisis Strategi Belajar Siswa Dalam Menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Kelas V SD Negeri 3 Rajabasa Kota Bandar Lampung. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA, 1(1), 5–8. Retrieved from https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/159

Herpratiwi, H., & Tohir, A. (2022). Learning Interest and Discipline on Learning Motivation. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 424435.

Herpratiwi, H., Maftuh, M., Firdaus, W., Tohir, A., Daulay, M. I., & Rahim, R. (2022). Implementation and Analysis of Fuzzy Mamdani Logic Algorithm from Digital Platform and Electronic Resource. TEM Journal, 11(3), 1028-1033.
https://doi.org/10.35790/ebm.3.1.2015.7127

Herpratiwi, H. Sugiyanto, S. Mashari, A. Tohir, A. (2025). Kepemimpinan Pendidikan. Malang: Seribu Bintang.

Juliyanti, J. Tohir, A. Anggraini, H. & Qomario, Q. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Kelompok B TK Padma Mandiri Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023. Journal Of Dehasen Educational Review, 4(3), 187-192. https://doi.org/10.33258/joder.v4i3.4073

Kusuma, A., Herpratiwi, H., & Mashari, A. (2024). PENGARUH GAME EDUKASI WORDWALL PADA HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GALIH LUNIK. AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN, 10(1), 57-68. https://doi.org/10.2503/ajp.v10i1.56

Lega Fitalia Utama, Ahmad Tohir, Rahayu Soraya, & Ali Mashari. (2024). Pengaruh Metode Diskusi Buzz Group Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA, 2(1), 7–12. Retrieved from https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/821

Lestari, P. D., Tohir, A., Pamungkas, A., & Sulistianah, S. (2024). KOMPETENSI GURU PAUD DALAM MENGELOLA KELAS YANG MENYENANGKAN DI TK AL RIZKIKA NATAR. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 6(1), 12–18. https://doi.org/10.52647/jep.v6i1.129

Maharany, T. A., Qomario, Q., Soraya, R., & Ahmad Tohir. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Tangram Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 3 Serdang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA, 1(2), 25–30. Retrieved from https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/205

Nureva, N., & Tohir, A. (2020). THE RELATIONSHIP OF SCOUT EXTRACURRICULAR ON THE STUDENTS DISCIPLINE. PrimaryEdu: Journal of Primary Education, 4(2), 220-229.

Pamungkas, A., & Tohir, A. (2023). Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Lagu pada Siswa Sekolah Dasar. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 414–420. https://doi.org/10.51278/aj.v5i2.748

Prastyo, C., Tohir, A., & Mashari, A. (2024). THE INFLUENCE OF PRINCIPAL LEADERSHIP ON TEACHER MOTIVATION IN PUBLIC PRIMARY SCHOOL 11th TULANG BAWANG TENGAH. Waniambey: Journal of Islamic Education, 5(1), 103-114. https://doi.org/10.53837/waniambey.v5i1.1102

Prayuda, I. C., Agung, P., Mashari, A., & Tohir, A. (2022). Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 1-5.

Purba, Oktaviana Nirmala, Sri Rahayu, Imelda Khairot, dan Dhea Rasti Br. Damanik. (2022). Media Pembelajaran Quizizz Untuk Guru dan Dosen. Malang: Listerasi Nusantara Abadi.

Qomario, Q., Tohir, A., & Mashari, A. (2020). The effect of realistic mathematical approaches towards the students’ math learning outcomes. Jurnal Prima Edukasia,8(1), 78-85.

Qomario, Q., Tohir, A., sufyadi, S.,& Herpratiwi, H. (2024). Inovasi dan Difusi Pendidikan. Malang: Seribu Bintang.

Qomario, Q., Tohir, A., & Prastyo, C. (2022). Math poster with augment reality to increase learning outcome of students’ high school. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(1), 69-73.

Riyanto, A. (2019). Disiplin Kerja Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMP It Istiqomah Bengkulu. AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN, 5(3), 50-55. Retrieved from https://journal.stkipalitb.ac.id/index.php/ajp/article/view/20

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sulistianah & Tohir, A. (2020). Pengaruh Metode show and tell terhadap keterampilan Berbicara Anak usia 5-6 tahun di TK Xaverius 3 Bandar Lampung. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Dan Sastra Indoesia, 3(1), 19–24. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/sbs/article/view/2184

Sulistianah, S., & Tohir, A. (2020). Perkembangan Kemandirian pada Anak Usia Dini di TK Amarta Tani HKTI Bandar Lampung. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 179–186. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-05

Tohir, A. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 48-53.

Tohir, A. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Malang: CV. Seribu Bintang.

Tohir, A., dkk. (2021). Decision Support System using WP Algorithm for Teacher Selection. Journal of Physics: Conference Series.

Tohir, A., Handayani, F., Sulistiana, R., Wiliyanti, V., Arifianto, T., & Husnita, L. (2024). ANALISIS PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PROSES PEMAHAMAN PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 8096–8102. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30132

Tohir, A., Kristianti, T., Indrasari, M., Kristiyono, J., & Supriatna, U. (2024). Datamining clustering in grouping adolescents and adults with information technology and computer skills by profession. AIP Conference Proceedings

Tohir, A., Muslim, S., & Safira, N. A. (2021). Philosophy as The Foundation of Science in The Development of Chemistry. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 10(3), 189-195.

Tohir, A., Muslim, S., & Situmorang, R. (2025). The Effectiveness of the Digital 5E Learning Model Integrated with Google Classroom on Science Learning Outcomes in Junior High School. Journal of Neonatal Surgery, 14(6), 259–263. https://doi.org/10.52783/jns.v14.321

Tohir, A., Handayani, F., Sulistiana, R., Wiliyanti, V., Arifianto, T., & Husnita, L.(2024). ANALISIS PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PROSES PEMAHAMAN PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8096–8102. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30132

Ahmad Tohir, Suyitno Muslim, & Robinson Situmorang. (2025). Integration of Technology in Learning: Enhancing Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Secondary School Students. International Journal of Computational and Experimental Science and Engineering, 11(3). https://doi.org/10.22399/ijcesen.3474

Widyastuti, L., Qomario, Q., Ahmad Tohir, & Rayahu Soraya. (2023). Pengaruh Motivasi Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kaliasin Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA. 1(2), 31–34. Retrieved from https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/206
Published
2025-08-02
How to Cite
Kaldi, P., Nureva, N., & Mashari, A. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 NATAR. AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN, 11(1), 39-47. https://doi.org/10.2503/ajp.v11i1.96
Section
Articles