PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGRI 4 KARANG ANYAR

  • Anisa Rama Dani STKIP Al Islam Tunas Bangsa
  • Herpratiwi Herpratiwi Universitas Lampung
  • Sugiyanto Sugiyanto Universitas Lampung
Keywords: Media Diorama, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahuai adanya pengaruh penggunaan media pemebalajaran diorama dalam pemebalajran IPAS tehadap hasil belajar siswa kelas II  SD Negri 4 Karang Anyar Lampung Selatan.

 Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain one grup pretest-postest design.Teknik pengumpulan data menggunakan test dan dokumentasi.

Hasil penelitian penegaruh media pemebalajaran diorama terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas II SD Negri 4 Karang Anyar Lampung Selatan menunjukan nilai signifikasi 0.000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas II SD Negri 4 Karang Anyar Lampung Selatan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atika Rahmawati, A., Agung, P., Nureva, N., & Tohir, A. (2024). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM MEMBENTUK KARAKTER WIRAUSAHA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 KAMPUNG BARU. Berajah Journal, 4(1), 159–164. https://doi.org/10.47353/bj.v4i1.294
Atika, F., Tohir, A., & Soraya, R. (2023). Pengaruh Penerapan Media Pohon Literasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V SDN 2 Way Lima Kabupaten Pesawaran. Journal Of Dehasen Educational Review, 4(02), 145-148. https://doi.org/10.33258/joder.v4i02.4330
Audine, N., Sulistianah, S., Dewantari, T., & Tohir, A. (2023). Peran Guru Dalam Menanamkan Perilaku Sopan Santun Pada Anak Usia Dini di TK Amarta Tani Bandar Lampung. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 2(4), 689-. https://doi.org/10.37676/mude.v2i4.4735
Ayu Anggraini, S., Mashari , A., Tohir , A., & Agung , P. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Banjar Negeri Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA , 1(1), 9–12. Retrieved from https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/160
Darmawan, D. F., Tohir, A., Sari, Y. B. C., & Ariesna, R. D. (2024). PHYSICAL FITNESS LEVEL OF STUDENTS IN PENCAK SILAT EXTRACURRICULAR PROGRAMME IN GEDUNG AJI SUB-DISTRICT. Waniambey: Journal of Islamic Education, 5(1), 139-153. https://doi.org/10.53837/waniambey.v5i1.1169
Dita, P. (2022). Pentingnya Media Pembelajran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01).
Fachry Rahmadani, Qomario, Ahmad Tohir, & Soraya, R. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan Tunas Bangsa, 1(2), 35–40. Retrieved from https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/213
Febriani, F., Tohir, A., Qomario, Q., & Mukhlis, H. (2023). Pengaruh penggunaan metode jigsaw terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas III SD negeri 1 Tanjung Agung Kecamatan Kedamaian Kota Bandarlampung. Nusantara Journal of Behavioral and Social Science, 2(2), 31–34. https://doi.org/10.47679/202325
Gunawan, F., Tohir, A., & Mashari, A. (2024). ANALYSIS OF THE PRINCIPAL’S ROLE IN IMPROVING TEACHER DISCIPLINE AND MOTIVATION AT BAITUL INSAN INTEGRATED ISLAMIC PRIMARY SCHOOL. Waniambey: Journal of Islamic Education, 5(1), 154-168. https://doi.org/10.53837/waniambey.v5i1.1168
Hanjani, A., Mashari , A., Nureva, N., & Tohir , A. (2023). Analisis Strategi Belajar Siswa Dalam Menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Kelas V SD Negeri 3 Rajabasa Kota Bandar Lampung. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA , 1(1), 5–8. Retrieved from https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/159
Herpratiwi, H., & Tohir, A. (2022). Learning Interest and Discipline on Learning Motivation. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 424435.
Herpratiwi, H., Maftuh, M., Firdaus, W., Tohir, A., Daulay, M. I., & Rahim, R. (2022). Implementation and Analysis of Fuzzy Mamdani Logic Algorithm from Digital Platform and Electronic Resource. TEM Journal, 11(3), 1028-1033.
https://doi.org/10.35790/ebm.3.1.2015.7127
Herpratiwi, H.,Sugiyanto, S.,Mashari, A.,Tohir, A. (2025). Kepemimpinan Pendidikan. Malang: Secibu Bintang.
Juliyanti, J., Tohir, A., Anggraini, H., & Qomario, Q. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Kelompok B TK Padma Mandiri Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023. Journal Of Dehasen Educational Review, 4(3), 187-192. https://doi.org/10.33258/joder.v4i3.4073
Kusuma, A., Herpratiwi, H., & Mashari, A. (2024). PENGARUH GAME EDUKASI WORDWALL PADA HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GALIH LUNIK. AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN, 10(1), 57-68. https://doi.org/10.2503/ajp.v10i1.56
Lega Fitalia Utama, Ahmad Tohir, Rahayu Soraya, & Ali Mashari. (2024). Pengaruh Metode Diskusi Buzz Group Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA , 2(1), 7–12. Retrieved from https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/821
Lestari, P. D., Tohir, A., Pamungkas, A., & Sulistianah, S. (2024). KOMPETENSI GURU PAUD DALAM MENGELOLA KELAS YANG MENYENANGKAN DI TK AL RIZKIKA NATAR. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 6(1), 12–18. https://doi.org/10.52647/jep.v6i1.129
Maharany, T. A., Qomario, Q., Soraya, R., & Ahmad Tohir. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Tangram Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 3 Serdang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA , 1(2), 25–30. Retrieved from https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/205
Nureva, N., & Tohir, A. (2020). THE RELATIONSHIP OF SCOUT EXTRACURRICULAR ON THE STUDENTS DISCIPLINE. PrimaryEdu: Journal of Primary Education, 4(2), 220-229.
Pamungkas, A., & Tohir, A. (2023). Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Lagu pada Siswa Sekolah Dasar. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 414–420. https://doi.org/10.51278/aj.v5i2.748
Prastyo, C., Tohir, A., & Mashari, A. (2024). THE INFLUENCE OF PRINCIPAL LEADERSHIP ON TEACHER MOTIVATION IN PUBLIC PRIMARY SCHOOL 11th TULANG BAWANG TENGAH. Waniambey: Journal of Islamic Education, 5(1), 103-114. https://doi.org/10.53837/waniambey.v5i1.1102
Prayuda, I. C., Agung, P., Mashari, A., & Tohir, A. (2022). Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 1-5.
Qomario, Q., Tohir, A., & Mashari, A. (2020). The effect of realistic mathematical approaches towards the students’ math learning outcomes. Jurnal Prima Edukasia,8(1), 78-85.
Qomario, Q., Tohir, A., sufyadi, S.,& Herpratiwi, H. (2024). Inovasi dan Difusi Pendidikan. Malang: Seribu Bintang.
Qomario, Q., Tohir, A., & Prastyo, C. (2022). Math poster with augment reality to increase learning outcome of students’ high school. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(1), 69-73.
Riyanto, A. (2019). Disiplin Kerja Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMP It Istiqomah Bengkulu. AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN, 5(3), 50-55. Retrieved from https://journal.stkipalitb.ac.id/index.php/ajp/article/view/20
Santika, N. W. R. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Karakter. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 04(01).
Sulistianah & Tohir, A. (2020). Pengaruh Metode show and tell terhadap keterampilan Berbicara Anak usia 5-6 tahun di TK Xaverius 3 Bandar Lampung. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Dan Sastra Indoesia, 3(1), 19–24. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/sbs/article/view/2184
Sulistianah, S., & Tohir, A. (2020). Perkembangan Kemandirian pada Anak Usia Dini di TK Amarta Tani HKTI Bandar Lampung. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 179–186. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-05
Tohir, A. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 48-53.
Tohir, A. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Malang: CV. Seribu Bintang.
Tohir, A., dkk. (2021). Decision Support System using WP Algorithm for Teacher Selection. Journal of Physics: Conference Series.
Tohir, A., Handayani, F., Sulistiana, R., Wiliyanti, V., Arifianto, T., & Husnita, L. (2024). ANALISIS PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PROSES PEMAHAMAN PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 8096–8102. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30132
Tohir, A., Kristianti, T., Indrasari, M., Kristiyono, J., & Supriatna, U. (2024). Datamining clustering in grouping adolescents and adults with information technology and computer skills by profession. AIP Conference Proceedings
Tohir, A., Muslim, S., & Safira, N. A. (2021). Philosophy as The Foundation of Science in The Development of Chemistry. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 10(3), 189-195.
Tohir, A., Muslim, S., & Situmorang, R. (2025). The Effectiveness of the Digital 5E Learning Model Integrated with Google Classroom on Science Learning Outcomes in Junior High School. Journal of Neonatal Surgery, 14(6), 259–263. https://doi.org/10.52783/jns.v14.321
Tohir, A., Handayani, F., Sulistiana, R., Wiliyanti, V., Arifianto, T., & Husnita, L.(2024). ANALISIS PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PROSES PEMAHAMAN PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8096–8102. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30132
Widyastuti, L., Qomario, Q., Ahmad Tohir, & Rayahu Soraya. (2023). Pengaruh Motivasi Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kaliasin Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA , 1(2), 31–34. Retrieved from https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/206
Published
2025-04-22
How to Cite
Dani, A., Herpratiwi, H., & Sugiyanto, S. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGRI 4 KARANG ANYAR. AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN, 11(1), 18-27. https://doi.org/10.2503/ajp.v11i1.83
Section
Articles