PERAN TUTURAN IMPERATIF DALAM INTERAKSI SISWA SELAMA PROSES PEMBELAJARAN: LITERATURE REVIEW
Abstract
Ketrampilan komunikasi merupakan aspek penting dalam pendidikan abad 21 yang harus dimiliki siswa untuk bersaing di dunia global. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran tuturan imperatif dalam interaksi siswa selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review, yang menganalisis 20 artikel terkait tuturan imperatif dalam konteks pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tuturan imperatif berkontribusi signifikan terhadap kesantunan komunikasi, meningkatkan kolaborasi, dan memperkuat keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Selain itu, penggunaan tuturan imperatif yang tepat dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan produktif. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pemahaman pragmatik terhadap tuturan imperatif sangat penting untuk meningkatkan efektivitas komunikasi di dalam kelas.
Downloads
References
Aji, S. K., & Suroso, E. (2023). Wujud Tuturan Imperatif dalam Talkshow Vindes pada Kanal Youtube Vindes Unggahan September 2022. 1(01), 1–12.
Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 92–100.
Dewi, A. P. (2019). Kesantunan tuturan imperatif guru tk nurul ulum di desa kumbara utama kecamatan kerinci kabupaten siak.
Dwi, L. A., & Zulaeha, D. I. (2017). Tutur Ekspresif Humanis dalam Interaksi Pembelajaran di SMA Negeri 1 Batang: Analisis Wacana Kelas. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 111–122. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka
Fachry Rahmadani, Qomario, Ahmad Tohir, & Soraya, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Lampung Selatan. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA, 1(2), 35–40. Retrieved from https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/213
Frisca Anniza Maudina, Kamaruddin, A. S. (2022). Kesantunan Imperatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII D SMP N 16 Kota Jambi. Berajah Jurnal: Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 647–660.
Hikmah, N., Mazhud, N., & Puspitasari, A. (2024). Analisis Kesantunan Berbahasa Siswa Kepada Guru dan Siswa terhadap Siswa dalam Proses Pembelajaran di SMAN 1 Takalar. 06(03), 17020–17029.
Indrayani, I., Hendaryan, R., & Mulyani, S. (2023). Kesantunan Berbahasa Dalam Tuturan Imperatif Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma Negeri 1 Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 433. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11202
Istiana, I., Patriantoro, P., & Sanulita, H. (2018). Analisis Tuturan Imperatif Guru dan Siswa Di SMA Negeri 5 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(4), 1–8.
Kartini, D., Nurohmah, A. N., Wulandari, D., & Prihantini, P. (2022). Relevansi strategi pembelajaran problem based learning (PBL) dengan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9092–9099.
Khairunnisa, H. (2023). Analisis Kesantunan Imperatif Siswa Sdn.
Komalasari, D. (2016). Wujud dan makna imperatif dalam biografi jokowi serta penerapannya terhadap pembelajaran bahasa dan sastra indonesia di smp.
Murdani, E., Kasman, N., Yusmah, Hanafi, M., Suleha, & Aswadi. (2024). KESANTUNAN BERBAHSA DALA INTERAKSI PEMBELAJARAN. 5151(1).
Ningsih Fitriya D. H, G. M. (2016). TUTURAN PERINTAH GURU DALAM ANALISIS TEKS EDITORIAL DENGAN METODE AUDIO LINGUAL UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA. 6, 1–23.
Norman, M. N. (2021). Kesantunan Imperatif Dan Strategi Bertutur Guru-Siswa. Sertaimplikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 92–100. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1576
Nurjanah, S. A. (2019). Analisis Kompetensi Abad-21 Dalam Bidang Komunikasi Pendidikan. Gunahumas, 2(2), 387–402. https://doi.org/10.17509/ghm.v2i2.23027
Nurzafira, I., Nurhadi, N., & Martutik, M. (2020). Kesantunan imperatif guru bahasa Indonesia dalam interaksi kelas. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 21(1), 88–101. https://doi.org/10.23960/aksara/v21i1.pp88-101
Paedagoria. (2024). Kesantunan Imperatif Mahasiswa dalam Interaksi Pembelajaran di Kelas. 4, 305–315.
Purwanto, A., Tukiran, M., Asbari, M., Hyun, C. C., Santoso, P. B., & Wijayanti, L. M. (2020). Model kepemimpinan di lembaga pendidikan: a schematic literature review. Journal of Engineering and Management Science Research (JIEMAR), 1(2), 255–266. https://journals.indexcopernicus.com/search/article?articleId=2660964
Rahayu, R., & Ginting, R. P. (2024). Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanah Luas. 1(6), 461–467.
Rosnina, Saleh, M., & Azis. (2024). Kesantunan Berbahasa dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Galesong Utara. Indonesian Language Teaching & Literature Journal, 2(1), 25–37. https://doi.org/10.59562/iltlj.v2i1.1623
Siti Fitriani, R. (2015). Kesantunan Tuturan Imperatif Siswa Smk Muhammadiyah 2 Bandung: Kajian Pragmatik. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 4(1), 34. https://doi.org/10.26499/rnh.v4i1.23
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(March), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Suminar, J. R., Soemirat, S., & Ardianto, E. (2014). Dasar-dasar Komunikasi Organisasional: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Peranan Komunikasi. Komunikasi Organisasi, 1–52.
Syafruddin. (2018). Membangun Bahasa Santun.
Tahiru, F. (2021). AI in education: A systematic literature review. Journal of Cases on Information Technology, 23(1), 1–20. https://doi.org/10.4018/JCIT.2021010101
Voogt, J. R., & Pareja, N. (2010). 21st Century Skiils. 21st Century Skiils, 1–54.
Wahyu, N. D., & Yani, L. (2024). Kesantunan Berbahasa dalam Kegiatan Diskusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kesantunan Berbahasa dalam Kegiatan Diskusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pendahuluan. 70–79.
Yuliandri, M. (2017). Pembelajaran Inovatif di Sekolah Berdasarkan Paradigma Teori Belajar Humanistik. Journal of Moral and Civic Education, 1(2), 101–115. https://doi.org/10.24036/8851412020171264