HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL DAN AGAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Pada era sekarang teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat dengan meningkatnya penggunaan gadget. Meningkatnya penggunaan gadget pada anak dapat menyebabkan perubahan pada perkembangannya terutama perkembangan moral dan agamanya, membuat anak menjadi malas, dan dapat mempengaruhi perilaku anak. Hal ini tentunya menjadi sebuah peringatan bagi orang tua untuk membatasi dan mengawasi anak ketika bermain gadget. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan moral dan agama anak usia 5-6 tahun di TK Kecamatan Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang memadai antara intensitas penggunaan gadget terhadap perkembangan moral dan agama anak usia 5-6 tahun di TK Kecamatan Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung. Berdasarkan perhitungan diperoleh rhitung = -0,463 sedangkan rtabel = 0,325 dengan tingkat hubungan yang memadai dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,004 ≤ 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi orang tua agar dapat selektif dalam mengawasi dan membatasi anak bermain gadget. Orang tua dapat memberikan permainan edukatif kepada anak untuk meningkatkan perkembangan moral dan agama anak secara optimal.
Downloads
References
Aisyah, S. (2008). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini (Edisi Pert). Universitas Terbuka.
Anggraini, S. A., Mashari, A., Tohir, A., & Agung, P. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Banjar Negeri Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA,1(1), 9-12.
Arfan, A., Qomario., Tohir, A. & Soraya, R. (2023). Analisis Peran Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Manajemen Sekolah Di SD Negeri Sukamenak 08 Kabupaten Bandung. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA, 1(2),41–46. https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/234.
Atika, F., Tohir, A., & Soraya, R. (2023). Pengaruh Penerapan Media Pohon Literasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V SDN 2 Way Lima Kabupaten Pesawaran. Journal Of Dehasen Educational Review, 4(02), 145-148. https://doi.org/10.33258/joder.v4i02.4330
Audine, N., Sulistianah, S., Dewantari, T., & Tohir, A. (2023). Peran Guru Dalam Menanamkan Perilaku Sopan Santun Pada Anak Usia Dini di TK Amarta Tani Bandar Lampung. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE),2(4), 689-692.
Febriani, F., Tohir, A., Qomario, Q., & Mukhlis, H. (2023). Pengaruh penggunaan metode jigsaw terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas III SD negeri 1 Tanjung Agung Kecamatan Kedamaian Kota Bandarlampung. Nusantara Journal of Behavioral and Social Sciences,2(2), 31-34.
Hanjani, A., Mashari, A., Nureva, N., & Tohir, A. (2023). Analisis Strategi Belajar Siswa Dalam Menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Kelas V SD Negeri 3 Rajabasa Kota Bandar Lampung. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA,1(1), 5-8.
Herpratiwi, H., & Tohir, A. (2022). Learning Interest and Discipline on Learning Motivation. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 424435.
Herpratiwi, H., Maftuh, M., Firdaus, W., Tohir, A., Daulay, M. I., & Rahim, R. (2022). Implementation and Analysis of Fuzzy Mamdani Logic Algorithm from Digital Platform and Electronic Resource. TEM Journal, 11(3), 1028-1033.
https://databoks.katadata.co.id)
Juliyanti, J., Tohir, A., Anggraini, H., & Qomario, Q. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Kelompok B TK Padma Mandiri Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023. Journal Of Dehasen Educational Review, 4(3), 187-192. https://doi.org/10.33258/joder.v4i3.4073
Lestari, P. D., Tohir, A., Pamungkas, A., & Sulistianah, S. (2024). KOMPETENSI GURU PAUD DALAM MENGELOLA KELAS YANG MENYENANGKAN DI TK AL RIZKIKA NATAR. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 6(1), 12–18. https://doi.org/10.52647/jep.v6i1.129
Maharany, T.A., Qomario, Q., Soraya, R., & Tohir, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Tangram Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 3 Serdang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA, 1(2), 25–30. https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/205
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan (The Effect of Use Of Gadget In Life). Jurnal Kopasta, 5(2), 55–64.
Pemerintah Republik Indonesia. (2015). Undang-Undang Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2014). Undang-Undang Nomor No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Prajnidita Zaeny, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump, 0(0), 302–310.
Prastyo, C., Tohir, A., & Mashari, A. (2024). THE INFLUENCE OF PRINCIPAL LEADERSHIP ON TEACHER MOTIVATION IN PUBLIC PRIMARY SCHOOL 11th TULANG BAWANG TENGAH. Waniambey: Journal of Islamic Education, 5(1), 103-114. https://doi.org/10.53837/waniambey.v5i1.1102
Prayuda, I. C., Agung, P., Mashari, A., & Tohir, A. (2022). Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran,4(1), 1-5.
Putri Miranti, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 6(1), 58–66.
Qomario, Q., Tohir, A., & Mashari, A. (2020). The effect of realistic mathematical approaches towards the students’ math learning outcomes. Jurnal Prima Edukasia,8(1), 78-85.
Qomario, Q., Tohir, A., & Prastyo, C. (2022). Math poster with augment reality to increase learning outcome of students’ high school. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(1), 69-73.
Simanjuntak, S. R. (2023). Pengaruh Screen Time Terhadap Masalah Perilaku Anak. Jurnal Keperawatan, 11(1), 64–80.
Sulistianah & Tohir, A. (2020). Pengaruh Metode show and tell terhadap keterampilan Berbicara Anak usia 5-6 tahun di TK Xaverius 3 Bandar Lampung. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Dan Sastra Indoesia, 3(1), 19–24. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/sbs/article/view/2184
Sulistianah, S., & Tohir, A. (2020). Perkembangan Kemandirian pada Anak Usia Dini di TK Amarta Tani HKTI Bandar Lampung. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 179–186. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-05
Tohir, A. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 48-53.
Tohir, A., dkk. (2021). Decision Support System using WP Algorithm for Teacher Selection. Journal of Physics: Conference Series.
Tohir, A., Muslim, S., & Safira, N. A. (2021). Philosophy as The Foundation of Science in The Development of Chemistry. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia,10(3), 189-195.
Tohir, A.., Handayani, F., Sulistiana, R. ., Wiliyanti, V. ., Arifianto, T. ., & Husnita, L.(2024). ANALISIS PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PROSES PEMAHAMAN PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8096–8102. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30132
Widyastuti, L., Qomario, Q., Ahmad Tohir, & Rayahu Soraya. (2023). Pengaruh Motivasi Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kaliasin Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. JURNAL PENDIDIKAN TUNAS BANGSA 1(2), 31–34. https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/206