PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IVA

  • Qorina Maulidya Anggini STKIP Al Islam Tunas Bangsa
  • Nureva Nureva STKIP Al Islam Tunas Bangsa
  • Rahayu Soraya STKIP Al Islam Tunas Bangsa
Keywords: pemberian rewars, motivasi belajar, matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui terdapat pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas IVA SD Negeri 1 Sribhawono Lampung Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan peneliti ialah ex-post facto. Waktu yang digunakan untuk penelitian pada semester ganjil 2022-2023, di Sekolah Dasar Negeri 1 Sribhawono Lampung Timur. Populasi terdiri dari kelas IVA dan IVB yang Keseluruhannya berjumlah 57 peserta didik. Pada penelitian ini di ambil sampel kelas IVA yang berjumlah 29 peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik nonprobability sampling. Adapun cara pengambilan sampel yang digunakan peneliti ini adalah teknik purposive sampling. Menurut Sinambela (2021:172) purposive sampling adalah teknik penentuan sampel untuk tujuan tertentu saja. Teknik ini berorientasi kepada pemilihan sampel dimana populasi dan tujuan yang spesifik dari penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, hasil perhitungan menggunakan analisis regresi sederhana pada kolom Sig. didapatkan nilai sebesar 0.000. Ternyata setelah membandingkan nilai signifikansi dari hasil perhitungan (0,000 < 0,05) lebih kecil dari pada 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar pada pembelajaran matematika peserta didik kelas IVA di SD Negeri 1 Sribhawono Lampung Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: CV BUDI UTOMO.
Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Qomario, Q., Tohir, A., & Mashari, A. (2020). The effect of realistic mathematical approaches towards the students’ math learning outcomes. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 78–85.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Jurnal Khazanah Akademia Vol 2, No 1, 2018.
Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Sinambela. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Teoritik & Praktik. Depok: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 2 No 1.
Yus, Anita. (2015). Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini (Medan:PGPaud FIP UNIMED).
Published
2020-04-20
How to Cite
Anggini, Q., Nureva, N., & Soraya, R. (2020). PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IVA. AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN, 6(1), 1-8. Retrieved from https://journal.stkipalitb.ac.id/index.php/ajp/article/view/35
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)