PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS III MELALUI MEDIA TANGRAM DI SDN 3 FAJAR BULAN

  • Istilah Istilah SDN 3 Fajar Bulan
Keywords: Matematika, Prestasi Belajar, Tangram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika kelas III semester genap melalui media tangram di SDN 3 Fajar Bulan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 3 Fajar Bulan tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 35 siswa. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar matematika dalam  materi unsur dan  sifat bangun datar.  Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media tangram pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN 3 Fajar Bulan. Hal itu terbukti pada pra siklus persentasenya 25,72%, pada siklus I meningkat menjadi 62,86% dan menjadi  97,14% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastasia Suistinah. (2012). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Tentang Bangun Datar Sederhana Melalui Media Tangram Bagi Siswa Kelas III SDN Mangunsari Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Tahun 2011/2012. Skripsi. FKIP Universitas Sanata Darma.

Dwi Siswoyo. Dkk, 2007, Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: UNY.

Eny Widyastuti. (2013). Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Permainan Tangram Pada Mata Pelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas II SD Negeri Dukun 2 Kecamatan Dukun, Magelang. Skripsi. FIP UNY.

Haryono. (2015). Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Amara Books.

Karim. (2009). Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka. Khoirunnisyak (2015).Penerapan Metode Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Balok Tangram Untuk Meningkatkan Pemahaman Pecahan Sederhana Mata Pelajaran Matematika Semester Ii Pada Siswa Kelas Iii D Slb-D Ypac Surakarta Tahun 2014/2015. ISBN: 978-979-3456-52-2

Pitajeng. (2006). Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tiara Suci Apriliani. (2013). “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Tangram Dengan Penerapan Model Paikem”. Journal of Elementary Education: 2(2).

Tohir, A. (2015). Pengembangan bahan ajar modul kesetimbangan kimia berbasis multiple representasi di SMA Kota Bandar Lampung. Program Pascasarjana Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Published
2019-12-27
How to Cite
Istilah, I. (2019). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS III MELALUI MEDIA TANGRAM DI SDN 3 FAJAR BULAN. AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN, 5(3), 92-98. https://doi.org/10.2503/ajp.v5i3.29
Section
Articles