Efektivitas Penggunaan Perpustakaan Bagi Mahasiswa Penjaskesrek STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung

  • Oktaria Kusumawati STKIP Al Islam Tunas Bangsa
Keywords: efektivitas, kepustakaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi efektivitas penggunaan perpustakaan STKIP Islam Tunas Bangasa Bandar Lampung oleh mahasiswa penjaskesrek angkatan 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan satu variabel, yaitu: efektivitas penggunaan perpustakaan. Metode yang digunakan adalah metode survai. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Penjaskesrek angkatan 2016. Penelitian menggunakan sampel 43 mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Untuk menganalisis data yang terkumpul, peneliti menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas penggunaan perpustakaan STKIP AL ITB Bandar lampung oleh mahasiswa penjaskesrek 2016 adalah kategori sedangdengan rerata yang diperoleh sebesar 100,48 yang berada pada interval 95,87 s.d 105,09.  Dengan hasil adalah  4  (9,3%) mahasiswa menyatakan sangat tinggi, 14 (32,5%) mahasiswa menyatakan tinggi, 15 (34,8%) mahasiswa menyatakan sedang, 9 (20,9 %) mahasiswa menyatakan rendah dan 5 (11,6 %)  mahasiswa menyatakan sangat rendah.

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dwi Siswoyo. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Fuad Ihsan. (2002). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim Bafada. (2005). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Lasa Hs. (2007). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Meilina Bustari. (2000). Manajemen Perpustakaan Pendidikan. Yogyakarta: UNY.

Ridwan. (2004). Penanganan Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slamet Haryanto. (1993). Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan sekolah Dasar Jawa tengah. Semarang:Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Daerah Tingkat 1 Jawa Tengah.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-Dasar Evaluasai Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistyo Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Undang Sudarsana. (2010). Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2019-09-06
Section
Articles